Tips Cerdas Memilih Perabotan Untuk Kantor Baru Anda

13 Februari 2020 - News

Pemilihan Furnitur Memengaruhi Suasana Kerja di Kantor (hatchdesign.ca)

Bagi setiap pengusaha pemula, menyiapkan perabotan baru untuk kantor sama menyenangkannya dengan bersiap untuk melangkah dengan bisnis baru. Tapi sebelum memutuskan untuk menandatangani kontrak gedung atau membersihkan ruangan, ada baiknya mencatat dan mempertimbangkan apa saja yang akan Anda perlukan di kantor baru. Mungkin mulai memilih kursi yang tepat untuk kursi direktur atau kursi staff hingga perlengkapan kantor lain seperti rak hingga map.


Pertimbangkan Beberapa Hal Sebelum Memutuskan Membeli Furnitur (Sumber: pinkndecor.com)

Baik kantor Anda baru disewa atau hanya sekadar desain ulang, berikut beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum membeli perabotan dan perlengkapan kantor.

  1. Anggaran

Berapa banyak uang yang rela Anda keluarkan untuk kantor Anda? Dengan menentukan budget maksimal, Anda bisa memperkirakan kursi seperti apa misalnya yang akan Anda gunakan untuk kursi staff, kursi biasa atau ergonomic office chair yang nyaman. Anda juga bisa memperkirakan bagaimana kualitas barang yang akan Anda dapat dengan budget itu. Dengan anggaran dalam pikiran, carilah penawaran terbaik dan furnitur berkualitas tinggi yang bisa dibeli sumber daya terbatas.

  1. Luas Ruangan

Seberapa besar atau kecil ruang kantor Anda akan menentukan jenis furnitur yang Anda beli juga. Jika Anda hanya memiliki beberapa karyawan dan ruang kecil Anda dapat membeli meja kerja bersama yang lebih besar. Tapi lebih banyak pegawai di sebuah kantor kecil membutuhkan lebih banyak meja dan kursi staff. Jadi, pastikan mejanya tidak terlalu kecil atau tidak nyaman.

  1. Meja Kantor

Ingatlah bahwa karyawan menghabiskan sebagian waktunya bekerja di atas meja. Oleh karena itu, meja harus fungsional. Selain cukup besar untuk komputer, sisakan ruang untuk mereka menulis. Jangan lupa berikan ruang yang memadai di bawah kaki untuk meregangkan badan. Yang terpenting meja harus memungkinkan staff Anda  melakukan pekerjaan dengan cara yang optimal.

  1. Kursi Kantor

Kursi adalah salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan saat merancang ruang kantor. Sebagian besar karyawan duduk di kursi mereka selama delapan sampai sembilan jam setiap hari. Jadi, tentu saja, kursi kantor harus sangat nyaman dan bisa disesuaikan seperti ergonomic office chair, tapi tidak terlalu nyaman sehingga membuat staff Anda jadi mengantuk. Selain itu, membeli kursi kantor dengan roda merupakan pilihan yang lebih baik karena memungkinkan pergerakan dan akses karyawan lebih cepat.

Jika posisi Anda sebagai direktur, Anda bisa memilih sendiri kursi direktur seperti apa yang cocok untuk Anda. Jangan memaksakan diri duduk di kursi empuk yang terlalu nyaman jika Anda merasa itu membuat produktivitas Anda berkurang.

  1. Pencahayaan

Setiap ruang kantor memerlukan banyak pencahayaan terlepas dari berapa banyak jendela yang tersedia. Padahal, memiliki lebih banyak jendela bisa menurunkan tagihan listrik Anda di siang hari, namun pencahayaan harus kuat dan ditempatkan di tempat yang paling banyak memberi manfaat bagi karyawan.

  1. Keindahan

Pilihlah perabot kantor yang memiliki konsistensi warna, desain atau tampilan di seluruh kantor membuatnya terlihat bersatu. Jika warna atau gaya furnitur berbeda untuk setiap individu maka kantor bisa memberikan kesan berantakan. Perbedaan furnitur malah akan membuat kesan adanya pilih kasih antara karyawan. Skema furnitur yang konsisten menciptakan ketenangan dan sinergi.

  1. Kenyamanan

Ketika suasana bekerja dibuat nyaman, siapa sih yang tidak betah? Saat membeli perabot kantor, kenyamanan karyawan pun harus diperhatikan karena ini berdampak pada kinerja mereka.

Pemilihan Furnitur Memengaruhi Suasana Kerja di Kantor (hatchdesign.ca)

Bagi setiap pengusaha pemula, menyiapkan perabotan baru untuk kantor sama menyenangkannya dengan bersiap untuk melangkah dengan bisnis baru. Tapi sebelum memutuskan untuk menandatangani kontrak gedung atau membersihkan ruangan, ada baiknya mencatat dan mempertimbangkan apa saja yang akan Anda perlukan di kantor baru. Mungkin mulai memilih kursi yang tepat untuk kursi direktur atau kursi staff hingga perlengkapan kantor lain seperti rak hingga map.

Pertimbangkan Beberapa Hal Sebelum Memutuskan Membeli Furnitur (Sumber: pinkndecor.com)

Baik kantor Anda baru disewa atau hanya sekadar desain ulang, berikut beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum membeli perabotan dan perlengkapan kantor.

  1. Anggaran

Berapa banyak uang yang rela Anda keluarkan untuk kantor Anda? Dengan menentukan budget maksimal, Anda bisa memperkirakan kursi seperti apa misalnya yang akan Anda gunakan untuk kursi staff, kursi biasa atau ergonomic office chair yang nyaman. Anda juga bisa memperkirakan bagaimana kualitas barang yang akan Anda dapat dengan budget itu. Dengan anggaran dalam pikiran, carilah penawaran terbaik dan furnitur berkualitas tinggi yang bisa dibeli sumber daya terbatas.

  1. Luas Ruangan

Seberapa besar atau kecil ruang kantor Anda akan menentukan jenis furnitur yang Anda beli juga. Jika Anda hanya memiliki beberapa karyawan dan ruang kecil Anda dapat membeli meja kerja bersama yang lebih besar. Tapi lebih banyak pegawai di sebuah kantor kecil membutuhkan lebih banyak meja dan kursi staff. Jadi, pastikan mejanya tidak terlalu kecil atau tidak nyaman.

  1. Meja Kantor

Ingatlah bahwa karyawan menghabiskan sebagian waktunya bekerja di atas meja. Oleh karena itu, meja harus fungsional. Selain cukup besar untuk komputer, sisakan ruang untuk mereka menulis. Jangan lupa berikan ruang yang memadai di bawah kaki untuk meregangkan badan. Yang terpenting meja harus memungkinkan staff Anda  melakukan pekerjaan dengan cara yang optimal.

  1. Kursi Kantor

Kursi adalah salah satu faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan saat merancang ruang kantor. Sebagian besar karyawan duduk di kursi mereka selama delapan sampai sembilan jam setiap hari. Jadi, tentu saja, kursi kantor harus sangat nyaman dan bisa disesuaikan seperti ergonomic office chair, tapi tidak terlalu nyaman sehingga membuat staff Anda jadi mengantuk. Selain itu, membeli kursi kantor dengan roda merupakan pilihan yang lebih baik karena memungkinkan pergerakan dan akses karyawan lebih cepat.

Jika posisi Anda sebagai direktur, Anda bisa memilih sendiri kursi direktur seperti apa yang cocok untuk Anda. Jangan memaksakan diri duduk di kursi empuk yang terlalu nyaman jika Anda merasa itu membuat produktivitas Anda berkurang.

  1. Pencahayaan

Setiap ruang kantor memerlukan banyak pencahayaan terlepas dari berapa banyak jendela yang tersedia. Padahal, memiliki lebih banyak jendela bisa menurunkan tagihan listrik Anda di siang hari, namun pencahayaan harus kuat dan ditempatkan di tempat yang paling banyak memberi manfaat bagi karyawan.

  1. Keindahan

Pilihlah perabot kantor yang memiliki konsistensi warna, desain atau tampilan di seluruh kantor membuatnya terlihat bersatu. Jika warna atau gaya furnitur berbeda untuk setiap individu maka kantor bisa memberikan kesan berantakan. Perbedaan furnitur malah akan membuat kesan adanya pilih kasih antara karyawan. Skema furnitur yang konsisten menciptakan ketenangan dan sinergi.

  1. Kenyamanan

Ketika suasana bekerja dibuat nyaman, siapa sih yang tidak betah? Saat membeli perabot kantor, kenyamanan karyawan pun harus diperhatikan karena ini berdampak pada kinerja mereka.

Open chat
Hai
Ada yang bisa kami bantu?